ILO: Perdagangan Bebas Tak Selalu Menguntungkan
Eny Prihtiyani | Marcus Suprihadi | Selasa, 7 Februari 2012 | 14:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Badan Ketenagakerjaan Dunia, ILO, hari ini, Selasa (7/2/2012), merilis laporan berjudul “Trade and Employment: From Myths to Facts ” yang diluncurkan di Kantor Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Publikasi itu memuat metode untuk mencapai tiga tujuan, yaitu mengidentifikasi bukti keterkaitan perdagangan dan ketenagakerjaan, merancang alat untuk mendapatkan bukti keterkaitan, dan membantu untuk mendiskusikan kebijakan ketenagakerjaan.

Kepala Program Perdagangan dan Ketenagakerjaan ILO, Marion Jansen, mengatakan, buruh di sejumlah negara banyak yang mengkhawatirkan perdagangan bebas. Sebab, perdagangan bebas tidak selalu membawa peningkatan kesejahteraan bagi mereka. Sebaliknya, perdagangan bebas bisa menjadi suatu petaka.

“Tidak hanya buruh di Indonesia yang menyatakan kekhawatirannya mengenai dampak dari barang impor murah dari China. Di Bangladesh, buruh tekstil juga berdemo pada Desember 2010 yang lalu karena perusahaan mereka menol ak membayar upah minimum ,” katanya.

Di China dan India, meski pertumbuhan ekonominya lebih tinggi dibandingkan Indonesia para buruh setempat juga merasakan kekhawatiran yang sama.

 

FPKB: Tak Ada Aliran Dana ke Fraksi
Sandro Gatra | A. Wisnubrata | Selasa, 7 Februari 2012 | 14:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKS) menegaskan tidak ada aliran dana dari siapapun yang berkaitan dengan proyek Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah (PPID) di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang masuk ke rekening FPKB.

“Bisa di-print rekening fraksi. Sudah dicek ke bendahara. Semua bersih,” kata Ketua Fraksi PKB Marwan Jafar melalui pesan singkat, Selasa (7/2/2012).

Seperti diberitakan, dalam sidang Dadong Irbarelawan, terdakwa kasus dugaan suap PPID, Sindu Malik, pensiunan Kementerian Kuangan, mengaku pernah memerintahkan seseorang bernama Sanjoyo untuk mentransfer uang Rp 500 juta ke rekening FPKB.

Sindu juga memerintahkan transfer uang ke seorang kader PKB di Banyuwangi bernama Haji Asmadin. Sindu mengaku, dirinya menjalankan perintah Ali Mudhori (mantan anggota DPR fraksi PKB) untuk mentransfer uang ke rekening fraksi PKB tersebut.

Jaksa KPK tidak mengetahui apakah transfer ke rekening FPKB dan orang PKB Banyuwangi itu sudah dilakukan atau belum. Namun, jaksa menduga rencana transfer uang ke PKB itu berkaitan dengan PPID karena waktu perintah transfer berdekatan dengan waktu tertangkap tangannya dua pejabat Kemennakertrans.

 

 

Iverson Diincar Klub Puerto Riko
Ahmad Imanuddin | A. Tjahjo Sasongko | Selasa, 7 Februari 2012 | 14:45 WI

Allen Iverson

 

TERKAIT:

KOMPAS.com – Mantan bintang Philadelphia 76ers, Allen Iverson akhirnya muncul kembali kepermukaan setelah dikabarkan akan bermain di liga bola basket Puerto Riko.

Seperti yang di wartakan Yahoo! Sports, Manajer Iverson telah melakukan pembicaraan dengan beberapa tim Puerto Rico. “Merka sudah melakukan pembicaraan dengan Iverson mengenai banyak hal, salah satunya mengenai prospek bisnis,” ujar Gary Moore, manajer bisnis Iverson.

Ketertarikan beberapa tim di Puerto Rico diperkuat oleh pernyataan salah satu petinggi liga Puerto Rico. “Iverson akan sangat bernilai. Ia akan menjual liga ini,” ujar salah satu pengurus liga Puerto Riko yang dilansir Yahoo! Sports. Jika realisasi ini terjadi, Iverson akan menyusul dua mantan pemain NBA yang memperkuat Caciques de Humacao yaitu Rashad McCants dan Ike Diogu.

Liga Puerto Rico yang akan dimulai Maret mendatang akan membayar pemain-pemain bintang dengan $ 20.000 per-bulan. Belum lagi biaya hidup yang terjamin, bisa jadi hal itu makin membuat Iverson tertarik untuk bermain basket di negera kepulauan tersebut.

Iverson yang telah masuk All-Star NBA sebanyak 11 kali sempat berpetualang hingga ke liga Turki untuk membela Besiktas. Namun sial bagi Iverson, bukannya mengembalikan performa terbaik, Iverson malah dirundung masalah cedera. Ia kini telah kembali ke Amerika untuk tinggal di Atlanta dan berharap dapat kembali ke dunia basket.

 

Gadis Korban Kekerasan di Bali Curhat via FB
Muhammad Hasanudin | Glori K. Wadrianto | Selasa, 7 Februari 2012 | 14:41 WI

http://www.twitvid.com

Salah satu bagian dari video berdurasi 5 menit 36 detik menyebar di sejumlah situs jejaring sosial, seperti Facebook, Youtube dan Twitter, sejak Senin (6/2/2012) kemarin.

 

TERKAIT:

DENPASAR, KOMPAS.com– Gadis yang menjadi korban kekerasan dalam video pelecehan dan penganiayaan oleh sejumlah remaja putri di Bali, mengeluarkan curahan hatinya di akun jejaring sosial Facebook miliknya. Dalam akun facebooknya itu, remaja berusia 16 tahun ini menulis status, para pelaku mendatangi dirinya untuk meminta damai.

“Hari ini seenaknya ajja mereka datang bilang mau minta damai, dengan semua yg udah kaliand lakuind ke aqku,” tulis korban dalam status facebooknya, Selasa (7/2/2012).

Dalam posting sebelumnya, korban juga menulis status bahwa ia telah melaporkan kejadian ini ke polisi. Namun korban tidak menulis jelas melapor di kantor polisi mana.

Dalam akun facebook ini pun terdapat dukungan dari rekan-rekan korban, menyusul kejadian yang baru saja ia alami. Umumnya, rekan-rekan korban mendukungnya untuk meneruskan kasus ini ke kepolisian, supaya para pelaku mendapat balasan setimpal atas perbuatan keji mereka.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, sebuah video berdurasi 5 menit 36 detik menyebar di sejumlah situs jejaring sosial, seperti Facebook, Youtube dan Twitter, sejak Senin (6/2/2012) kemarin. Video ini berisi tindakan keji sejumlah remaja putri terhadap salah satu rekan mereka.

Jika memperhatikan dialog di antara mereka, penganiayaan ini diduga kuat akibat utang korban yang belum terbayar kepada salah seorang pelaku. Sementara, dari logat bicara dan pelat nomor sepeda motor, kejadian tersebut kemungkinan besar berlangsung di Bali.

Penganiayaan yang dilakukan tujuh remaja putri ini tergolong sadis. Selain memukuli korban, para pelaku juga menggunting baju dan celana korban hingga nyaris telanjang. Beruntung, saat rambut korban akan digunduli, ada seorang ibu yang melihat kejadian ini dan kelompok remaja putri tersebut langsung lari menggunakan sepeda motor.

Kecaman langsung mengalir deras di media sosial setelah mereka melihat video ini. “Masak cewek sekejam itu, intinya anak muda sekarang makin ganas aja,” ujar Bagus Aditya, mahasiswa di Bali yang geram melihat tingkah laku kelompok remaja putri tersebut. “Kalau bisa, pelakunya ditangkaplah,” katanya lagi.

 

Toro Rosso Luncurkan STR7
Ahmad Imanuddin | A. Tjahjo Sasongko | Selasa, 7 Februari 2012 | 14:40 WI
AFP/CRISTINA QUICLER
Pebalap Toro Rosso, Jaime Alguersuari, menjadi yang tercepat pada latihan terakhir GP Jepang, Sabtu (9/10/10). Latihan ini nyaris batal karena hujan deras, sehingga hanya Alguersuari dan Timo Glock yang bisa catat waktu terbaik.

 

TERKAIT:

JEREZ, KOMPAS.com – Tim Scuderia Toro Rosso akhirnya meluncurkan ‘jet tempur’ mereka STR7 di sirkuait Jerez Spanyol Senin kemarin (06/02/2012). Seperti semua mobil yang diluncurkan semua mobil musim ini terkecuali McLaren baru, STR7 juga melakuakn perubahan pada moncong mobil.

Selain itu Toro Rosso juga memperpanjang kerjasamanya dengan NOVA Chemicals untuk mengisi sponsor tim asal Italia tersebut. “Tahun lalu di Grand Prix Kanada NOVA Chemicals datang untuk mensponsori kami. Sekerang kami senang karena telah memperpanjang kerjasama dengan mereka hingga musim ini berakhir,” ujar pimpinan tim,  Franz Tost.

“Ini sangat menyenangkan, karena NOVA Chemicals memberikan inovasi, kerja sama tim dan fokus pada keamanan dan kinerja,” lanjutnya.

STR7 akan dikemudikan oleh pembalap baru mereka Daniel Ricciardo dan Jean-Eric Vergne yang terpilih menggantikan Sebastian Buemi dan Jaime Alguersuari.

 

Bos Perusahaan Pembuat Memori Tewas dalam Kecelakaan Pesawat
Tenni Purwanti | Reza Wahyudi | Selasa, 7 Februari 2012 | 14:38 WIB

KOMPAS.com – Dunia teknologi kembali kehilangan salah satu tokoh teknologi. Steve Appleton. CEO perusahaan teknologi Micron Technology  tersebut meninggal dunia pada 3 Februari 2012 akibat kecelakaan pesawat terbang kecil di Idaho, Amerika Serikat. Appleton meninggal di usia 51 tahun.

Pesawat yang dipiloti oleh Appleton sendiri tersebut jatuh di antara dua landasan pacu. Kecelakaan terjadi sekitar pukul 9 pagi waktu setempat. Berdasarkan laporan yang diberikan polisi kepada wartawan, pesawat sempat terbakar dan petugas kepolisian sempat memanggil pemadam kebakaran.

Appleton memang memiliki hobi mengendarai pesawat. Sebelumnya ia pernah jatuh dari pesawat aerobatik pada tahun 2004 di selatan gurun Boise. Appleton sempat dibawa ke rumah sakit dan selamat. Namun kecelakaan kali ini, tidak sempat menyelamatkan nyawanya.

20 tahun di dunia teknologi

Steve R, Appleton, lahir pada 31 Maret 1960 di California. Ia lulus dari Boise State University dan memulai karir di dunia teknologi sejak tahun 1983. Berbagai jabatan telah dipercayakan padanya, seperti Wafer Fab Manager, Production Manager, Director of Manufacturing, dan Vice President of Manufacturing.

Tahun 1991 Appleton dipercaya sebagai Chief Operating Officer (COO) dan tahun 2004 ia dipercaya menjadi CEO Micron Technology.

Selain bekerja di Micron Technology, Appleton juga dipercaya Bill Clinton,  Presiden AS saat itu untuk mengurusi National Semiconductor Technology Council.

Saat ini, Appleton juga masih menjabat sebagai Dewan Direksi untuk Asosiasi Semi Konduktor dan Dewan Direksi untuk National Semiconductor Corporation Amerika Serikat.

CEO termuda
Pada usia 34 tahun, Appleton terpilih sebagai CEO termuda ketiga di dunia oleh Fortune 500. Pada tahun 2011, Appleton menerima penghargaan Robert Noyce dari Semiconductor Industry Association.

Micron Technology
Micron Technology adalah korporasi multinasional Amerika yang berkantor pusat di Boise, Idaho, AS. Perusahaan ini memproduksi perangkat semikonduktor seperti DRAM, SDRAM, flash memory, SSD, dan CMOS image sensing chip.

Micron Technology merupakan 20 besar pemimpin penjualan semikonduktor di dunia.

Micron Technology dan Intel pernah bekerja sama membangun desain IM Flash Technogy dan mempdoduksi NAND flash memory. Kompetitor Micron Technology saat ini adalah Samsung, Hynix, Elpida, Toshiba, dan SanDisk.

TERKAIT

 

Ngidam, Bentuk Tuntutan Perhatian pada Suami?
Christina Andhika Setyanti | Dini | Selasa, 7 Februari 2012 | 14:36 WIB
Ngidam sebenarnya bisa juga menjadi cara ibu hamil untuk meminta perhatian lebih dari suami.

KOMPAS.com – Ngidam, atau menginginkan sesuatu, adalah hal yang wajar dialami ibu hamil. Namun, benarkah ngidam ini merupakan keinginan dari si janin dan merupakan sebuah gejala medis yang dialami ibu hamil? Ternyata tidak. “Dalam dunia kedokteran, tidak ada istilah ngidam. Rasa ingin makan ataupun melakukan sesuatu sebenarnya juga tidak hanya dialami oleh ibu hamil saja,” tukas dr Tri Yuniarti, SpOG, dokter spesialis kandungan dan kebidanan, dalam talkshow yang digelar oleh Tabloid Nakita di RS Yadika, Kebayoran Lama, Jakarta, Sabtu (4/2/2012) lalu.

Hamil bukan kondisi yang umumnya mudah dilalui oleh para perempuan. Dengan kondisi hamil, perempuan bisa saja mengalami berbagai penyakit seperti sesak nafas, sulit bergerak, mual dan muntah, anemia, malnutrisi, sampai kaki yang membengkak. Kondisi ini tentunya membuat perempuan yang sedang hamil muda akan merasa tidak nyaman. Karenanya, perempuan meminta perhatian yang lebih dari suami untuk membuatnya merasa nyaman. Dengan melibatkan suami, perempuan ingin kehamilan menjadi momen yang menyenangkan untuk berdua, dan bukan hanya bagi perempuan itu sendiri. Kalau ada bagian yang kurang menyenangkan dari kehamilan tersebut, perempuan inginnya suami juga turut merasakan.

“Keadaan ini membuat ibu hamil memiliki perasaan yang lebih sensitif, dan meminta perhatian lebih dari suami. Hal ini berpengaruh pada psikologis si ibu hamil, sehingga akhirnya mereka ngidam dan minta macam-macam,” ujar Yuni, sambil menambahkan, tak jarang ngidam merupakan alasan semata para ibu hamil untuk sekadar menguji perhatian sang suami saja.

Untuk mengatasi keinginan ngidam yang terlalu berlebihan, cobalah untuk selalu berpikir positif dalam setiap kondisi, agar kehamilan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. “Selain itu, para suami sebaiknya juga membantu istrinya yang sedang hamil dengan sedikit dukungan dan perhatian, sehingga istri tidak stres atau kekurangan gizi,” bebernya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s