Pemkab Kudus Ajukan Permintaan Batuan Benih
Alb. Hendriyo Widi Ismanto | Marcus Suprihadi | Senin, 13 Februari 2012 | 12:37 WIB

 

KUDUS, KOMPAS.com- Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, kembali meminta bantuan benih padi tahan banjir varietas inpara kepada Balai Penelitian Teknologi Pertanian (BPTP) Jateng. Hal itu bertujuan untuk memulihkan lahan-lahan pertanian yang mangkrak akibat banjir.

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kabupaten Kudus, Budi Santoso, Senin (13/2/2012), mengatakan, pada Desember 2011 pemerintah mengembangkan demplot padi tahan banjir seluas 3 hektar di Desa Kesambi. Kecamatan Mejobo. Namun, padi itu gagal panen karena kebanjiran ketika berumur muda.

Sebagai ganti padi yang puso, pemerintah akan meminta benih itu lagi untuk ditanam di lahan seluas lima hektar.

“Lahan percontohan akan diperluas dari satu desa menjadi dua desa, yaitu Desa Kesambi dan Desa Kirig di Kecamatan Mejobo,” kata Budi.

Berdasarkan Data Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kabupaten Kudus areal sawah langganan banjir di Kudus seluas 1.510 hektar. Sawah itu tersebar di Kecamatan Mejobo dan Jekulo.

Dari luasan itu, sebanyak 660 hektar selalu tergenang banjir 1-3 bulan, sedangkan 850 hektar sering tergenang dalam jangka waktu kurang dari satu bulan.

Padi varietas Inpara mampu bertahan di genangan banjir selama dua minggu. Padi itu tidak akan mati dan tetap dapat berbunga dan berbulir asalkan bagian pucuk daun padi itu tidak sepenuhnya terendam.

Padi itu berbeda dengan padi biasa yang rata-rata hanya mampu bertahan 4-7 hari ketika terendam banjir. Padi itu juga lebih tinggi dari padi biasa, yaitu lebih satu meter.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s