Bebaskan Angkutan Umum dari Biaya Uji KIR
 Ester Meryana | A. Wisnubrata | Rabu, 15 Februari 2012 | 11:21 WIB 

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengamat transportasi dari Universitas Soegijapranata, Djoko Setijowarno, mengharapkan pemerintah bisa membebaskan biaya pengujian laik jalan atau kir angkutan umum. Biaya tersebut pun bisa dialihkan, salah satunya, untuk perawatan bus.

Kepala Dinas Perhubungan sudah jadi bendahara wali kota atau bupati

”Pengusaha bus jangan dibebani banyak pungutan. Kalau bisa dibebaskan dari segala pajak dan retribusi, agar dana dialihkan untuk perawatan bus dan mensejahterakan kru bus,” ujar Djoko dalam pesan singkat kepada Kompas.com, Rabu (15/2/2012).

Pasalnya, menurut Djoko, uji kir sudah menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD) dan kompensasi politik. Aktivitas transportasi tidak lagi murni sebagai pelayanan publik dan menjamin keselamatan. ”Kepala dinas perhubungan sudah jadi bendahara wali kota atau bupati,” tambah Djoko.

Jadi, ia berharap, biaya kir untuk angkutan umum digratiskan. Namun, sebaliknya, uji kir untuk kendaraan pribadi diadakan dan dikenakan retribusi.

Selain biaya kir yang gratis, perawatan sarana dan pelatihan kru secara rutin pun diperlukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan angkutan umum sekaligus mengantisipasi kecelakaan lalu lintas yang marak terjadi belakangan ini. ”(Adanya) sistem setoran juga pemicu kecelakaan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, belakangan ini kecelakaan lalu lintas, baik yang melibatkan mobil pribadi maupun angkutan umum banyak terjadi. Salah satunya, Jumat (10/2/201) lalu, kecelakaan maut terjadi di Jalan Raya Puncak, Cisarua, Bogor. Bus Karunia Bakti jurusan Garut-Jakarta menabrak ruko dan sejumlah mobil. Akibat kecelakaan yang diduga karena rem bus blong tersebut belasan orang tewas dan puluhan orang luka-luka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s