Rudd: Saya Dukung Julia Gillard
| Kistyarini | Senin, 27 Februari 2012 | 09:55 WIB
AFP PHOTO / Patrick HAMILTON Kevin Rudd dalam sebuah konferensi pers di Brisbane, Australia, Jumat (24/2/2012). Rudd kalah dari PM Julia Gillard dalam pemilihan ketua Partai Buruh yang dilangsungkan Senin (27/2/2012).

 

CANBERRA, KOMPAS.com — Kevin Rudd membuktikan sikap kenegarawanan dengan menyatakan dukungan penuh kepada Perdana Menteri Julia Gillard setelah kalah dalam pemilihan ketua Partai Buruh. Rudd menyatakan dia tidak merasa sakit hati karena kekalahan itu.

Rudd kalah telak dalam pemilihan ketua partai dengan hanya mendapat 31 suara dari 103 suara, sedangkan Gillard merebut 71 suara pada pemungutan suara rahasia kaukus partai yang diadakan pada Senin (27/2/2012).

“Untuk Julia, saya menerima sepenuhnya hasil kaukus ini dan mendedikasikan diri untuk sepenuhnya bekerja agar dia terpilih kembali sebagai Perdana Menteri Australia,” kata Rudd yang akan mundur ke garis belakang.

Rudd menambahkan, kini saatnya bagi Partai Buruh untuk bergerak maju. “Tujuan kita adalah melayani bangsa, bukan diri sendiri,” tegasnya.

“Saya tidak menyimpan dendam. Dan bila saya sudah menyinggung orang lain melalui perkataan ataupun perbuatan, saya minta maaf,” kata Rudd.

Gillard meminta diadakan pemungutan suara untuk mengakhiri konflik dengan Rudd, yang digulingkannya sebagai ketua partai pada 2010 itu.

Rudd sendiri secara tidak terduga mengundurkan diri sebagai menteri luar negeri pekan lalu sebelum menantang Gillard untuk posisi ketua partai. Rudd berargumen langkahnya itu untuk menyelamatkan parti dari kekalahan pada pemilu 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s