Java Jazz Festival Didukung 1.000 Musisi Lokal

Eny Prihtiyani | Robert Adhi Ksp | Rabu, 29 Februari 2012 | 19:01 WIB

IST Java Jazz 2012

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Perdagangan mengajak seluruh pihak yang terlibat dalam ajang musik tahunan Java Jazz Festival (JJF) untuk mempromosikan Indonesia kepada dunia melalui JJF 2012. Acara tersebut didukung lebih dari 1.000 musisi lokal maupun mancanegara dengan menyuguhkan pertunjukan musik berkelas dunia di atas 19 panggung, antara lain Dewa Bujana, Dira Sugandi, dan Shandi Sandhoro, serta musisi internasional seperti Erikah Badu, Stevie Wonder, dan Bobby Mc Ferrin.

“Java Jazz Festival setiap tahunnya dihadiri oleh pemusik kelas dunia dari dalam dan luar negeri. Ini kesempatan bagi kita untuk mempromosikan potensi bangsa kita,” seru Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan Hesti Indah Kresnarini hari ini, Rabu (29/2/2012) pada saat konferensi pers pre-event JJF 2012 di Hotel Borobudur, Jakarta.

Dirjen PEN mengatakan bahwa Indonesia memiliki potensi musik yang luar biasa, mulai dari musik daerah hingga musik kontemporer. Para musisi jazz Indonesia menghasilkan karya yang unik karena referensi musik yang sangat kaya di Indonesia. Kita harus menunjukkan kepada dunia kalau Indonesia is Remarkable melalui karya-karya musik jazz anak bangsa, ujarnya.

Lebih lanjut, Dirjen PEN mengatakan, melalui JJF 2012 diharapkan musik Indonesia dapat lebih diakui dan diterima oleh pecinta musik, sekaligus dapat mempromosikan Indonesia sebagai bangsa berbudaya dengan segala potensi yang dimiliki. Pada tahun ini, Kemendag bekerja sama dengan Java Festival Production kembali mempersembahkan panggung The Hall of World Music di area Hall B2.

“Pada panggung tersebut diberikan kesempatan bagi para musisi Indonesia untuk tampil dan berkolaborasi dengan musisi dunia, seperti Donny Suhendra featuring Trie Utami, Siera Soetedjo, Alfredo Rodriguez Trio, Kotak featuring Nabrassan, dan Carl Allen. Dengan berkolaborasi diharapkan akan mu ncul ide dan semangat baru kepada para musisi Indonesia lainnya untuk menghasilkan karya yang lebih baik lagi,” kata Hesti.

Pada tahun 2012 ini, Kementerian Perdagangan kembali bersinergi dengan berbagai pihak mendukung pelaksanaan JJF yang akan diselenggarakan pada 2-4 Maret 2012, di Jakarta

International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta. Penyeleng garaan JJF kini memasuki tahun ke-8, dan saat ini JJF diakui sebagai salah satu festival jazz terbesar di dunia.

Java Jazz Festival setiap tahunnya dihadiri oleh pemusik kelas dunia dari dalam dan luar negeri. Ini kesempatan bagi kita untuk mempromosikan potensi bangsa kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s