Indonesia Minim Lagu-lagu Anak
Ester Lince Napitupulu | Robert Adhi Ksp | Rabu, 29 Februari 2012 | 16:42 WIB
KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Ilustrasi: anak-anak

 

JAKARTA, KOMPAS.com — Pencipta lagu dan penyanyi Dik Doank prihatin dengan lagu anak-anak di Indonesia yang minim dan semakin sulit ditemukan. Padahal, lagu anak-anak yang ceria, sederhana, dan sarat nilai berguna dalam pendidikan dan pembentukan karakter anak-anak bangsa.

Saya kasihan dengan ibu-ibu sekarang. Mereka kebingungan mencari lagu anak-anak yang mendidik.
— Dik Doank

“Saya kasihan dengan ibu-ibu sekarang. Mereka kebingungan mencari lagu anak-anak yang mendidik,” kata Dik Doank di sela-sela penampilannya bersama anak-anak Kandank Jurank Doank (KJD) dalam pembukaan Gramedia Book Fair di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (29/2/2012).

Dik Doank tak sekadar berkeluh kesah. Dia pun menciptakan beberapa lagu anak-anak yang penuh nuansa edukatif.

Dalam penampilan anak-anak KJD, lagu yang mengajak anak-anak bermain di luar atau di alam terbuka sambil memainkan permainan tradisional yang dimiliki bangsa ini begitu memukau.

“Anak-anak sekarang dudah mulai tidak kenal permainan tradisional. Mereka lebih senang main di dalam ruangan. Padahal, bermain di luar ruangan begitu mengasyikkan,” jelas Dik Doank soal lagunya.

Demikian juga lagu yang berkisah soal guru. Dik Doank ingin mengajak anak-anak menghargai jasa-jasa guru yang membuat mereka menjadi cerdas dan kelak tumbuh menjadi generasi muda bangsa yang berkarakter baik.

Dik Doank juga tak lupa terus memopulerkan kembali lagu anak-anak yang dulu populer, utamanya karangan AT Mahmud dan Pak Kasur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s