Belum Habis Satu Lagu, Putra Sudah Ditangkap
Fabian Januarius Kuwado | Benny N Joewono | Rabu, 29 Februari 2012 | 20:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Suasana Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur, Rabu (29/2/2012) siang, tampak seperti biasa. Lalu lalang orang kerja, aktivitas pedagang makanan kecil dan sebagainya.

Namun sebaliknya bagi Putra (12), bocah yang kerap mengamen di terminal. “Kacau banget dah polisi, lagi ngamen di melayu tiba-tiba ditangkep,” sesalnya kepada Kompas.com di halaman Polsek Jatinegara.

Bocah putus sekolah tersebut mengaku ditangkap saat asik mengamen di angkot 06A jurusan Kampung Melayu-Gandaria.

Dengan hanya bermodalkan tepukan tangan mengaku semula duet dengan kawannya. “Untung temen saya kabur duluan,” lanjutnya.

Tak sempat ia habis menyanyikan lagu bertemakan ‘Ibu’, petugas kepolisian dari Polsek Jatinegara keburu mengamankan bocah yang bercita-cita jadi supir ini.

Saat digiring oleh petugas dari terminal Kampung Melayu menggunakan mobil patroli, bocah dengan baju kumal tersebut tampak gelisah melihat kanan dan kirinya.

Mata bulat hitamnya tampak tampak bingung apa yang harus dilakukannya. Saat ditangkap, ia mengaku belum mendapatkan uang sepeserpun.

Padahal, sehari-hari ia bisa mendapatkan Rp. 20 ribu untuk makan sehari-hari. “Ibu mah nggak pernah ngasih duit, ini buat saya makan sendiri,” ujarnya.

Dengan sedikit ngotot, bocah tersebut juga mengaku uangnya tidak disetorkan ke preman setempat. “Nggak beneran, buat saya makan,” ujarnya.

Setelah didata di Sentra Pelayanan Kepolisian Polsek Jatinegara, bocah tersebut pun langsung berjalan setengah mengendap-ngendap.

Polres Jakarta Timur memang tengah melakukan Operasi Kilat Jaya dengan sasaran pelaku kejahatan jalanan serta orang yang tak memiliki identitas.

Bagi mereka yang tak memiliki KTP, selanjutnya akan dibawa ke Panti Sosial di Cipayung untuk pembinaan. Sejauh ini telah menertibkan 131 orang, namun hanya 11 yang terbukti melakukan tindak kejahatan.

Hingga instruksi Polda Metro Jaya tentang operasi tersebut dicabut, tiap polsek akan terus melakukan penertiban serupa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s