Pelumas Pertamina Perluas Pasar di Australia
Evy Rachmawati | Agus Mulyadi | Jumat, 2 Maret 2012 | 19:26 WIB
SMH Australia

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) menggandeng Harvest Time Enterprises, untuk mengembangkan pasar pelumas Pertamina di West Australia, dengan memanfaatkan pesatnya pertumbuhan ekonomi di wilayah itu.

Hal ini untuk memperluas pemasaran produk pelumas perseroan itu yang telah merambah pasar East Australia sejak tahun 2009 silam, dan sebagai titik awal untuk menguasai pasar Benua Australia.

Kerja sama pelumas Pertamina dengan Harvest Time Enterprises, telah ditandai dengan penandatanganan kontrak kerja sama pada 18 Januari 2011 bertempat di Jakarta, dan dilanjutkan acara peluncuran produk pelumas Pertamina yang dilaksanakan Jumat (2/3/2012), di Perth Council House Garden, West Australia.

Menurut Wakil Presiden Komunikasi Korporat Pertamina, Mochamad Harun, dalam siaran pers, di Jakarta, acara peluncuran produk pelumas perseroan itu dilakukan langsung oleh Direktur Niaga dan Pemasaran PT Pertamina Djaelani Sutomo, Chairman Harvest Time Enterprises Syahrul Tahir, Minister for Government of Western Australia, Konsulat Jenderal RI untuk West Australia Dede Syarif Syamsuri, dan konsumen potensial peluas Pertamina di West Australia.

Djaelani Sutomo, dalam sambutannya, optimistis bahwa pelumas Pertamina akan berhasil dalam merambah pasar West Australia. Hal ini dengan dukungan mutu produk yang sudah terbukti, salah satunya melalui event Touring EuroAsia Expedition yang menempuh jarak lebih dari 27.000 km, dan pengalaman Pelumas Pertamina yang mampu melakukan loncatan bisnis overseas hingga ke lebih dari 20 negara dalam waktu kurang dari 4 tahun.

“Pelumas Pertamina telah menembus pasar ekspor lebih ke 20 negara dalam waktu singkat. Ini merupakan bagian dari transformasi Pertamina dalam membentuk fondasi bisnis yang sudah dimulai sejak tahun 2006. Kami yakin akan mampu meraih kesuksesan di pasar global,” katanya.

Pada kesempatan sama, Syahrul Tahir, Chairman Harvest Time Enterprises menyampaikan, saat ini merupakan waktu tepat bagi pelumas Pertamina untuk masuk di pasar West Australia, bersamaan dengan tumbuhnya ekonomi di wilayah ini yang didorong booming dari sektor pertambangan.

Dengan potensi pasar pelumas Australia yang mencapai 500 juta liter dan pertumbuhan yang cukup agresif 2,5 persen – 3 persen per tahun, hal itu dinilai merupakan peluang bagus bagi Pelumas Pertamina, untuk mengembangkan pasarnya di kawasan Asia Pasifik, dan membuktikan kualitas produk Indonesia mampu bersaing di pasar global.

Tahun lalu, penjualan ekspor Pelumas Pertamina mencapai sekitar 190.000 kiloliter dari total penjualan sekitar 635.000 kiloliter. “Kami akan terus menggenjot ekspor pelumas, selain tetap mempertahankan pangsa pasar pelumas domestik yang kini sebesar 60 persen,” kata Djaelani menegaskan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s