UNHCR: Usut Kematian Imigran di Pontianak
Dahono Fitrianto | Marcus Suprihadi | Jumat, 2 Maret 2012 | 18:58 WIB
Ilustrasi

 

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Tinggi PBB untuk Urusan Pengungsi (UNHCR) mengharapkan Pemerintah Indonesia segera menyelidiki penyebab kematian seorang pengungsi pencari suaka dari Afganistan di Pontianak, Kalimantan Barat, beberapa hari lalu.

Dalam siaran pers tertanggal 1 Maret 2012, UNHCR menyebutkan, pencari suaka yang tewas tersebut adalah salah satu dari enam orang pengungsi yang berusaha melarikan diri dari Rumah Detensi Imigrasi di Pontianak, Minggu (26/2/2012). Namun, pelarian mereka digagalkan oleh aparat Indonesia yang kemudian menangkap mereka kembali.

UNHCR mengaku tidak mengetahui detail kejadian selanjutnya, tetapi saat salah satu staf badan dunia tersebut mengunjungi rumah sakit setempat, Selasa (28/2/2012), diperoleh informasi bahwa pencari suaka tersebut telah meninggal dunia. Menurut informasi yang diperoleh staf tersebut, warga Afganistan yang tak disebutkan identitasnya itu dinyatakan telah meninggal pada saat dibawa ke rumah sakit oleh orang tak dikenal.

Saat ini pihak kepolisian setempat masih mencari penyebab kematian pengungsi tersebut dengan melakukan otopsi. ”Kami juga mencari lebih banyak informasi melalui kantor imigrasi dan menghargai keputusan kantor pusat imigrasi untuk mengirimkan tim mereka ke Pontianak untuk menyelidiki kejadian ini,” demikian dinyatakan UNHCR dalam siaran persnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s