Pekerja PTPN Tolak Direksi Baru
Amanda Putri Nugrahanti | Nasru Alam Aziz | Jumat, 2 Maret 2012 | 19:00 WIB

 

SEMARANG, KOMPAS.com — Sekitar 300 pekerja PT Perkebunan Nusantara IX Divisi Tanaman Tahunan berunjuk rasa di kantornya di Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (2/3/2012). Mereka menolak penetapan direksi baru oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara.

Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja (FSP) Perkebunan PTPN IX Divisi Tanaman Tahunan Budiyono mengatakan, aksi tersebut dipicu oleh penetapan direksi baru yang bernuansa kolusi. Lima direksi baru PTPN IX berasal dari luar PTPN IX dan seorang direksi lain berasal dari dalam PTPN IX Divisi Tanaman Semusim.

”Mengapa direksi justru berasal dari Divisi Tanaman Semusim yang kinerjanya selama ini merugi? Sementara karyawan yang berasal dari Divisi Tanaman Tahunan tidak ada yang diangkat menjadi direksi, padahal memiliki kinerja sangat baik,” tutur Budiyono.

Selain itu, Direktur Utama PTPN IX yang baru adalah mantan Direktur Utama PTPN X Surabaya yang tiga tahun lalu diberhentikan dari jabatannya oleh Kementerian BUMN. Dengan kejadian itu, serikat pekerja menilai yang bersangkutan tidak mampu mengelola perusahaan dengan baik.

Aksi tersebut akan berlanjut pada Senin (5/3/2012) saat serah terima jabatan direksi baru. Mereka mengancam jika penetapan direksi tersebut tetap dipertahankan, karyawan akan mogok kerja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s