Cicip Janjikan Kikis Korupsi
Brigita Maria Lukita | Robert Adhi Ksp | Rabu, 7 Maret 2012 | 18:57 WIB
Kompas/Lasti Kurnia Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo.

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo berjanji akan mencegah kegiatan korupsi di lingkungan kementerian kelautan dan perikanan (KKP). Inisiasi itu dimulai dari lingkup inspektorat jenderal.

Upaya mencegah korupsi dilakukan dengan deklarasi kode etik di lingkungan inspektorat jenderal KKP, yakni berisi nilai budaya kerja yang mutlak ditanamkan oleh aparat itjen.

“Dipilihnya inspektorat jendeal tidak terlepas dari tugas dan fungsinya sebagai lembaga pengawasan. Diharapkan menjadi model pencegahan korupsi dan percontohan kawasan zona integritas di lingkungan KKP,” ujar Cicip, seusai deklarasi kode etik di inspektorat jenderal KKP.

Zona integritas adalah predikat pada tingkatan kementerian/lembaga negara/pemerintah daerah yang pimpinannya memiliki komitmen mencegah terjadinya korupsi, program kegiatan pencegahan korupsi, peningkatan kualitas pelayanan publik, dan reformasi birokrasi.

“Sanksi dari pelanggaran kode etik adalah sanksi moral. Jika ada indikasi tindak pidana, maka akan diproses secara hukum,” ujar Cicip.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s