Latihan Singkat untuk Si “Busy Mom”
Christina Andhika Setyanti | Dini | Rabu, 7 Maret 2012 | 18:48 WIB

Sesibuk apapun Anda, olahraga sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara

KOMPAS.com – Pentingnya olahraga memang sudah tak bisa dipungkiri lagi. Namun banyak ibu rumah tangga atau ibu bekerja yang masih sulit membagi waktu untuk berolahraga. Jangankan berolahraga, bersantai sebentar saja sulit. Padahal, sebenarnya setiap kegiatan rumah tangga bisa menjadi bentuk latihan kebugaran yang bermanfaat, lho.

Memecah waktu latihan
Pada dasarnya untuk mendapat manfaat maksimal dalam berolahraga, Anda membutuhkan waktu minimal 30 menit per harinya. Namun, “kuota” latihan ini bisa dilakukan dalam tiga bagian, masing-masing selama 10 menit. Mulailah latihan pertama selama 10 menit ketika bangun tidur. Lanjutkan sesi kedua setelah makan siang, dan 10 menit terakhir setelah makan malam. Cara ini juga merupakan cara yang ideal untuk melibatkan keluarga. Jalan-jalan dengan pasangan atau bermain sepeda sebentar dengan anak-anak juga menyenangkan.

Lupakan prinsip “semua, atau tidak sama sekali” ketika memulai untuk olahraga. Fitnes tidak harus dilakukan selama 60 menit. Salah satu kunci untuk tetap bugar sepanjang hari walaupun sibuk mengurus rumah tangga adalah dengan melakukan olahraga selama 10 menit per sesi. Dalam sehari, setidaknya lakukan olahraga selama 30 menit.

Tubuh akan mengambil berbagai keuntungan hanya dengan memulai kegiatan olahraga yang aktif. Olahraga selama 10 menit di sela-sela kegiatan rumah tangga bisa menjadi cara yang tepat untuk menjaga kebugaran tubuh meski tak melakukan olahraga reguler lain selama 60 menit. Yang paling penting adalah memulainya dengan perlahan, dan menjalankannya sebagai rutinitas sehari-hari.

Manfaatkan waktu sebaik mungkin
Tak perlu membayangkan bahwa olahraga itu sulit. Manfaatkan waktu 10 menit ini seperti ketika melakukan olahraga teratur. Gunakan 1-2 menit pertama untuk pemanasan, dan mempersiapkan otot-otot untuk berolahraga, termasuk peregangan. Kemudian gunakan tujuh menit untuk berolahraga seperti biasa, dengan intensitas latihan yang sedang atau tinggi. Karena ini merupakan olahraga yang singkat, sebaiknya lakukan olahraga dengan intensitas yang cukup tinggi untuk mendapatkan manfaat olahraga yang maksimal. Kemudian gunakan 60 menit terakhir untuk pendinginan.

Lakukan beberapa olahraga yang bisa meningkatkan kerja jantung dan pernafasan. Sama seperti olahraga atau fitnes biasa, lakukan latihan kardio, latihan kekuatan, dan fleksibilitas. Misalkan, latihan kardio dengan sepeda statis selama 10 menit dengan mencuri jam tidur siang Anda. Kemudian lakukan latihan kekuatan dengan push-up, atau angkat beban. Untuk melatih fleksibilitas (kelenturan tubuh), lakukan olahraga simpel sekaligus bermain dengan anak-anak. Misalkan dengan berbaring di lantai sambil meregangkan tubuh sembari menemani si kecil bermain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s