“One Night Stand” Bulan dan Mars
Yunanto Wiji Utomo | A. Wisnubrata | Rabu, 7 Maret 2012 | 11:04 WIB
Stellarium
Ilustrasi kenampakan Mars dan Bulan pada Rabu (7/3/2012). Di barat, tampak Jupiter dan Venus.

JAKARTA, KOMPAS.com — Langit kembali menawarkan pemandangan menakjubkan. Rabu (7/3/2012) malam ini, Mars akan berduet dengan Bulan sepanjang malam.

Kedua benda langit tersebut akan tampak berdekatan, terpisah hanya 10 derajat. Mereka seperti menikmati one night stand. Sebab, sebelum dan sesudah malam ini, mereka akan tampil lebih berjauhan.

Duet Mars dan Bulan bisa dilihat sejak senja. Namun, akan lebih optimal jika menikmati saat Matahari sudah benar-benar tenggelam, kira-kira mulai sekitar pukul 19.00 WIB.

Mars dan Bulan akan tampak di langit timur beberapa saat setelah Matahari tenggelam. Bulan akan bersinar putih terang, sedangkan Mars akan memancarkan cahaya jingga.

Bulan akan tampak dengan magnitud -12,36, sedangkan Mars bermagnitud -1,21. Magnitud menyatakan kecerlangan benda langit. Semakin negatif, semakin terang benda langit yang dimaksud.

Senin (5/3/2012) lalu, Mars baru saja mencapai titik terdekat dengan Bumi sehingga planet merah itu masih akan tampak terang. Saat ini, jarak Mars dengan Bumi adalah sekitar 112 juta kilometer.

Semakin malam, Bulan dan Mars akan bergerak semakin ke atas. Jadi, untuk mengamati, semakin malam pandangan harus diarahkan semakin ke barat.

Pengamatan bisa dilakukan di mana pun. Namun, akan lebih baik mengamati di tanah lapang dan tempat dengan polusi cahaya kecil. Teleskop bisa dibawa untuk mengamati lebih jelas.

Jika mengamati sebelum pukul 20.30 WIB, di ufuk barat, Jupiter dan Venus juga akan tampak berdekatan. Sementara setelah pukul 21.00 WIB, Saturnus juga akan mulai terlihat di ufuk timur.

Tetapi, tentu saja, syarat benda angkasa bisa terlihat adalah langit yang cerah. Jadi, berharaplah awan tak menutupi langit dan hujan tak terjadi malam ini.

Jika Anda berhasil mengamati keduanya, sangat senang jika bisa berbagi dengan Kompas.com. Anda bisa berbagi dalam bentuk teks atau foto lewat akun Twitter @wJiUtomo atau Facebook Kompas Sains. Selamat mengamati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s