PSSI Tanyakan Status Safee ke AFC dan FIFA
Wirawan Kusuma | Caroline Damanik | Rabu, 07 Maret 2012 | 12:10 WIB
KOMPAS IMAGES/BANAR FIL ARDHI
Malaysian striker Mohamad Safee Sali plays for Indonesian club Pelita Jaya FC
TERKAIT

JAKARTA, KOMPAS.com – Penanggung Jawab timnas, Benhard Limbong, menyatakan pihaknya sudah melayangkan surat kepada AFC dan FIFA terkait diperbolehkannya Safee Sali bermain di timnas nasional Malaysia. Padahal, ujar Limbong, Safee juga berstatus sama dengan pemain Indonesia yang tak boleh bermain karena bermain di liga tidak resmi, yaitu Indonesia Super League (ISL).

Perlu diketahui, Safee bermain saat Malaysia menjalani laga ujicoba melawan Filipina, 29 Februari lalu. PSSI merasa ada diskriminasi dengan fakta tersebut. Sebab, Safee yang bermain di ISL diperbolehkan bermain oleh AFC dan FIFA sementara pemain Indonesia yang ada di liga tersebut tidak boleh.

“Kami juga mempertanyakan kepada AFC dan FIFA kenapa bisa demikian (Safee bisa bermain). Kami juga marah ke AFC dan FIFA,” ujarnya kepada wartawan.

“Kenapa hanya kami yang mendapat surat (pelarangan tersebut). Kami akan melakukan investigasi internal dan eksternal. Kalau internal, ya kami yang harus melakukan penyelidikan. Kalau eksternal itu artinya AFC dan FIFA,” lanjut pria berpangkat Jenderal tersebut

Indonesia sendiri harus menelan malu karena kebijakan FIFA tersebut. Sebab, dengan tak bisa memainkan pemain di ISL, timnas hanya menurunkan pemain “seadanya” saat menghadapi Bahrain dalam laga terakhir babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2014, 29 Februari lalu. Hasilnya, “Skuad Garuda” dibantai 0-10 oleh Bahrain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s