Robot Cheetah Pecahkan Rekor
Yunanto Wiji Utomo | Benny N Joewono | Rabu, 7 Maret 2012 | 17:01 WIB
Businessweek Robot Cheetah

MASSACHUSETS, KOMPAS.com – Robot Cheetah yang dikembangkan oleh US Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memecahkan rekor kecepatan robot berkaki empat.

Robot yang tak berkepala ini bisa bergerak dengan kecepatan 29 km/jam. Robot pemegang rekor sebelumnya hanya mampu bergerak dengan kecepatan 21 km/jam.

Kecepatan tersebit berhasil dicapai Cheetah pada ujicoba di atas treadmill laboratorium. Ilmuwan DARPA berharap, robot segera dapat diujicoba di lapangan secepat mungkin.

Cheetah dikembangkan atas prakarsa DARPA dengan pendanaan dari Boston Dynamics, perusahaan di Massachusets. Proyek Cheetah adalah proyek pengembangan robot yang mampu bergerak cepat.

Versi cheetah yang ada saat ini masih tergantung pada pompa hidraulik. Namun, di akhir tahun ini, prototipe robot yang bergerak bebas sudah siap.

Proyek Cheetah sudah dimulai dari bulan Februari 2011. Selain mampu bergerak cepat, Cheetah diharapkan bisa membuat gerakan zig zag dan berhenti secara tiba-tiba.

Noel Sharkey, professor kecerdasan buatan dari University of Sheffield mengungkapkan bahwa rekor kecepatan yang dicetak oleh Cheetah mengagumkan.

“Dengan kecepatan melebihi kecepatn manusia, ini adalah langkah maju pada pengembangan robot pembunuh yang bergerak cepat, yang mampu menakhlukkan medan perang untuk berburu dan membunuh,” kata Sharkey.

“Perhatian terbesar saat ini adalah tak ada kecerdasan buatan yang bisa membedakan lawan dan sipil, jadi jika ini beroperasi sendiri, dia akan melanggar hukum perang,” tambah Sharkey seperti dikutip BBC, Selasa (6/3/2012).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s