Indofest, Promosi Indonesia di Adelaide
| Nasru Alam Aziz | Jumat, 9 Maret 2012 | 18:22 WIB
SMH Australia

ADELAIDE, KOMPAS.com — Untuk keenam kalinya, Indofest kembali akan diselenggarkan di Adelaide, 1 April 2012 di Rymill Park, di jantung ibu kota negara bagian South Australia. Ini adalah usaha serius dari Asosiasi Indonesia-Australia (AIA) untuk terus mempromosikan keberadaan Indonesia di negeri Kanguru.

Selama sehari, di sebuah taman, tidak jauh dari pusat kota Adelaide, berbagai pertunjukkan musik dan kesenian dari berbagai daerah di Indonesia akan ditampilkan, sementara berbagai gerai menjual masakan daerah.

“Setiap tahun rata-rata sekitar 10 ribu orang menghadiri Indofest ini,” kata Direktur Indofest Tony Hewett, kepada koresponden Kompas di Australia, L Sastra Wijaya, Jumat (9/3/2012) di Adelaide.

Berbeda dengan promosi mengenai Indonesia di mancanegara yang diselenggarakan berdekatan dengan hari kemerdekaan 17 Agustus, Indofest di Adelaide diselenggarakan pertama tahun 2007 pada bulan April, menjelang liburan paskah.

Untuk tahun 2012, beberapa kelompok yang akan tampil dari negara bagian lain adalah Tari Winesia dari Northern Territory, pertunjukkan reog dari para mahasiswa Indonesia di Adelaide, dan workshop pembuatan angklung dan permainan alat musik dari bambu tersebut oleh sebuah kelompok musik asal Indonesia dari Adelaide. Tahun 2011, kelompok musik Sheila on 7 juga hadir menjelang Indofest.

Menurut Tony Hewett, AIA akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyelenggarakan Indofest setiap tahun. Namun mereka masih mengharapkan ada sponsor bagi terselenggaranya acara tahun ini. “Sponsor tahun ini adalah perusahaan energi Santos, Dewan Kota Adelaide, KBRI, dan beberapa perguruan tinggi di Adelaide. Namun, kami masih rugi, sehingga kami terbuka bila ada pihak dari Indonesia berkenan menjadi sponsor,” tutur Tony Hewett.

Adelaide memang dikenal sebagai kota festival dan sepanjang tahun, komunitas dari negara lain juga menyelenggarakan festival serupa seperti Indofest. Komunitas “besar”, seperti Yunani, Italia, Jerman, Malaysia, dan Kroasia, selalu meramaikan kota Adelaide.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s