Toko Emas di Kebumen Diimbau Pasang Teralis dan CCTV
Gregorius Magnus Finesso | Robert Adhi Ksp | Jumat, 9 Maret 2012 | 18:07 WIB
SHUTTERSTOCK CCTV

KEBUMEN, KOMPAS.com – Kepala Kepolisian Resor Kebumen Jawa Tengah Ajun Komisaris Besar Heru Trisasono meminta semua toko emas di Kabupaten Kebumen memasang teralis dan kamera closed-circuit television (CCTV).

Imbauan ini menyusul perampokan brutal yang terjadi rabu kemarin terhadap dua toko emas di Pasar Tlogopragoto, Kecamatan Mirit.

“Dua toko emas itu tidak memasang teralis. Kaca etalase juga tipis dan tanpa diberi teralis. Kamera CCTV juga tidak ada. Padahal asetnya miliaran rupiah. Kan tidak ada salahnya menambah pengamanan secara pribadi, daripada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Heru, Jumat (9/3/2012).

Imbauan ini disampaikan Heru karena di Toko Emas Pangestu dan Idama yang dirampok, tidak ada sistem pengamanan seperti memasang teralis dan kamera CCTV untuk memudahkan identifikasi setiap orang yang datang.

Kaitannya dengan keamanan di Pasar Tlogopragoto, Kapolres Kebumen memastikan hal itu merupakan hal rutin yang dilakukan dengan patroli dan pengamanan tertutup anggota Polsek Mirit. Namun diakui saat kejadian, belum ada anggota yang melakukan patroli karena setelah apel, masih ada pekerjaan di Mapolsek.

Pada perampokan yang terjadi Rabu (7/3/2012) kemarin, enam pelaku dengan tiga sepeda motor dengan senjata api berhasil menggasak perhiasan emas seberat 1,5 kilogram berikut uang tunai Rp 15 juta dari Toko Emas Pangestu, dan 1,5 kilogram perhiasan emas dari Toko Emas Idama.

Para pelaku sempat beberapa kali menembakkan pistol untuk menakut-nakuti warga yang sedang berada di sekitar lokasi kejadian. Kendati tidak ada korban, kerugian materiil akibat perampokan tersebut mencapai Rp 1,5 miliar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s