Iran Kecam Pembunuhan Warga Afghanistan

Fajar Nugraha
Selasa, 13 Maret 2012 19:05 wib
Prajurit AS di Distrik Panjwayi (Foto: AFP)

Prajurit AS di Distrik Panjwayi (Foto: AFP)
TEHERAN – Iran mengkritik keras kekerasan yang terjadi di Afghanistan. Kecaman ini khususnya diarahkan kepada pasukan Amerika Serikat (AS) dan North Atlantic Treaty Organization (NATO), usai pembantaian yang dilakukan oleh seorang prajurit AS.

Pembantaian yang dilakukan oleh prajurit AS itu memang dianggap sebagai peristiwa memalukan, karena dilakukan oleh seorang prajurit dan menewaskan 16 warga sipil Afghanistan.
“Kejahatan yang dilakukan pasukan AS, Inggris dan NATO yang kita saksikan dalam beberapa hari terakhir terhadap perempuan dan anak-anak di Afghanistan, memburuk citra dari negara-negara tersebut di wilayah tersebut (Afghanistan dan Pakistan),” ucap juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Ramin Mehmanparast seperti dikutip Associated Press, Selasa (13/3/2012).
“AS dan sekutunya harus menarik pasukan mereka dari Afghanistan dan Pakistan secepat mungkin, agar kebencian dari rakyat kedua negara tersebut tidak makin bertambah,” lanjutnya.
Komentar Mehmanparast memang makin menyudutkan pihak AS saat ini. Terlebih dengan aksi brutal seorang prajurit AS berusia 38 tahun, yang membantai warga sipil tidak berdosa saat malam 11 Maret lalu.
Insiden ini mendapat kecaman dari dalam negeri Afghanistan sendiri. Pihak Parlemen Afghanistan pun mendesak agar pelaku pembantaian dihukum di depan publik.
Hal serupa juga diminta sekira mahasiswa yang turun ke jalan Jalalabad, Afghanistan hari ini. Mereka memprotes peristiwa kejam yang menimpa korban pembantaian.
Sementara pihak militer AS bersikeras bahwa pihaknya yang berhak mengadili prajurit pembunuh tersebut. Lewat hukum AS, Menteri Pertahanan AS Leon Panetta mengutarakan, prajurit itu kemungkinan besar dihadapkan pada hukuman mati.

(faj)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s