Jepang Tunjuk Ishikane Sebagai Dubes untuk Asean

Fajar Nugraha
Selasa, 13 Maret 2012 18:38 wib
Dubes Jepang untuk Asean Kimihiro Ishikane (Foto: Dok.Kedubes Jepang)

Dubes Jepang untuk Asean Kimihiro Ishikane (Foto: Dok.Kedubes Jepang)
JAKARTA – Jepang secara resmi menunjuk Kimihiro Ishikane sebagai Duta Besar untuk Association of South East Asian Nations (Asean). Dubes Ishikane pun menyerahkan surat mandatnya kepada Sekretaris Jenderal Asean Dr Surin Pitsuwan di Jakarta hari ini.

Dalam pernyataannya, Dubes Ishikane melihat wilayah Asean sebagai sebuah wilayah yang signifikan. Dirinya pun merasa memiliki tanggung jawab besar untuk mengemban tugas ini, namun Dubes Ishikane tidak asing dengan hubungan Jepang-Asean.
Selama dua tahun terakhir dirinya berperan sebagai pejabat Kementerian Luar Negeri Jepang yang bertanggung jawab atas hubungan Jepang dengan Asean. Diplomat Jepang itu menilai kepentingan strategis Asean meningkat lebih dari sebelumnya.
“Bagi Jepang, Asean merupakan wilayah kunci untuk strategi pertumbuhan. Asean kini telah menjadi mitra dagang terbesar kedua bagi Jepang dan tujuan investasi terbesar di Asia Timur,” ucap Dubes Ishikane dalam pernyataannya yang dikirim Kedutaan Besar Jepang kepada Okezone, Selasa (13/3/2012).
Ishikane menambahkan, Asean memiliki populasi sebesar 600 juta. Pertumbuhan ekonomi luar biasa yang pendapatan domestik brutonya naik sekira tiga kali lipat dalam 10 tahun terakhir, dan terletak di jalur laut yang vital bagi Jepang.
“Perdamaian dan kemakmuran Asean secara langsung terkait dengan perdamaian dan kemakmuran kawasan Timur seluruh Asia, termasuk Jepang,” lanjutnya.
Pentingnya Asean di mata Jepang dibuktikan dengan jaringan produksi di Asean, yang merupakan basis dari 6.800 perusahaan Jepang dan sekira 120 ribu Jepang yang hidup di negara-negara anggota Asean.
“Jepang telah mempromosikan liberalisasi perdagangan dan investasi. Selain itu, Asean telah menjadi tujuan wisata populer bagi orang Jepang. Budaya pop Jepang juga telah memperoleh popularitas besar di wilayah ini,” imbuh Dubes Ishikane.
Secara khusus, dalam rangka mendukung Membangun Komunitas Asean pada 2015, Jepang akan terus mendukung upaya Asean untuk meningkatkan Konektivitas Asean.
Dukungan tersebut antara lain dengan memberikan dukungan infrastruktur pemeliharaan dan standarisasi sistem yang akan memperkuat integrasi ekonomi ASEAN.
Selain itu Dubes Ishikane memandang penting bentuk perayaan 40 tahun hubungan Jepang-Asean yang akan jatuh tahun depan. Dubes pun akan melakukan upaya terbaik saya untuk mengembangkan hubungan lebih dekat dan untuk lebih meningkatkan kerja sama dalam rangka memecahkan masalah-masalah regional dan global.

(faj)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s