Intel: Android Belum Siap Pakai Multi Core

Trisno Heriyanto – detikinet
Selasa, 12/06/2012 11:14 WIB


SGS III & One X (eno/inet)

Jakarta – Banyak vendor yang mulai berlomba-lomba merilis ponsel Android tercanggih dengan prosesor berinti ganda. Tapi menurut Intel, si ‘robot hijau’ masih belum siap mengadopsi jenis prosesor tersebut.

Memang, satu per satu vendor papan atas mulai memasarkan ponsel Android dengan spesifikasi mencengangkan. Sebut saja Galaxy S III dan HTC One X yang dibekali dengan prosesor 4 ‘otak’. Belum lagi LG yang sedang siap-siap merilis ponsel serupa di Indonesia.

Sementara Intel, yang sudah cukup kawakan di industri prosesor terkesan adem ayem, tidak mengikuti para pesaingnya untuk menggelontorkan chip quad core di ponsel Android.

“Jika Anda memang mementingkan performa, maka prosesor quad core sangat masuk akal. Tapi jika sistem operasi (Android) yang digunakan punya sistem penjadwalan yang baik,” kata Mike Bell, General Manager of Intel Mobile and Communications Group.

Menurut Bell, prosesor berinti ganda saat ini belum optimal dipakai untuk Android. Justru menggunakan chip tersebut hanya akan berdampak pada konsumsi daya yang lebih tinggi, serta efek panas yang berlebih pada ponsel.

Oleh sebab itu Intel hanya merilis prosesor single core dengan nama sandi Medfield untuk ponsel Android seperti Lenovo K800, Lava Xolo X900 dan Orange San Diego untuk pasar Amerika Serikat.
“Saya telah melihat bagaimana pengunaan quad core yang ada di pasar, dan kami belum melihat keuntungan apa pun untuk terjun ke pasar tersebut,” tandas Bell, seperti dikutip detikINET, dari zdnet, Selasa (12/6/2012).
Pernyataan Intel itu selaras dengan kutipan dari bos Nokia, Stephen Elop. Pabrikan ponsel asal Finlandia ini juga setuju bahwa prosesor inti ganda di ponsel hanya membuat boros baterai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s